Mengenal FUP pada Indihome, Kenapa mesti Khawatir dengan SKEMA FUP IndiHome?

Netizen di Indonesia sedang ramai dengan Kebijakan yang diambil oleh Telkom melalui Produknya, IndiHome. Kebijakan FUP (Fair Usage polycy) yaitu kebijakan batas pemakaian wajar pada pelanggan Indihome, di era serba online kebijakan seperti ini  kerap dihubungkan dengan paket Internet yang disediakan penyedia layanan Internet (Internet Provider). Benar sekali, Setiap paket Internet diberlakukan FUP yang berbeda-beda untuk setiap Internet Provider. Tujuaanya untuk memastikan seluruh pelanggan mendapatkan kenyamanan akses internet, Kebijakan FUP juga akan berlaku keseluruh ISP di Indonesia.

FUP IndiHome

Sebagai Contoh FUP, Provider A menerapkan FUP 3GB, artinya batas wajar penggunaan paket internet dengan kecepatan utama sampai pemakaian 3GB, lebih dari itu diberlakukan aturan kecepatan berbeda. Biasanya lebih rendah dari kecepatan utama.

Pada Akhir  Februari 2016 Kemaren Telkom Indonesia menerapkan aturan baru bahwa untuk paket 10Mbps keatas akan dikenakan FUP termasuk pelanggan-pelanggan lama. Bukan tanpa alasan, paket Internet dari Telkom yang dulu sebelum berubah jadi IndiHome bernama Speedy ini dikenal luas memberikan solusi Internet Unlimited alias tanpa batas, tanpa FUP. Euforia semakin menjadi ketika Telkom mengumumkan akan merilis generasi terbaru Speedy yang menawarkan koneksi super cepat dengan jaringan berteknologi Fiber Optic. Wajar jika kemudian respons negatif tersebut muncul lantaran adanya harapan besar ke IndiHome yang menyediakan solusi internet kencang dan tanpa batas. 


Baca juga : 
Apakah Saya Khawatir Berlangganan Indihome dengan Kebijakan FUP?
Untuk penggunaan di Laptop atau PC, memang agak besar dibanding penggunaan di perangkat mobile. Tercatat satu hari, rata-rata penggunaan data di laptop sampai angka 900MB – 1GB (penggunaan normal). Kadang sampai 4GB (ini mentok) saat saya butuh download repository atau Film. 
fup-indihome

Dari Skema FUP Indihome di atas, Jika dengan pemakaian rata-rata perhari 8GB – total dengan penggunaan data di perangkat seluruh pengguni rumah ada Ibu, Adik, dan Istri + Saya – sebulan tinggal dikalikan 30 saja. Totalnya saya menghabiskan kuota Internet sebesar 240GB. Dan karena saya pakai paket 10 Mbps, skema FUP IndieHome tak berlaku. Saya tetap bisa nyaman Internetan dengan speed UpTo 10 Mbps. Dan kalau misal kuota yang saya pakai lewat 300GB, saya rasa masih nyaman Internetan karena hanya turun jadi 75% dari speen utama alias 7,5 Mbps.

Mungkin Anda juga perlu :
Berdasarkan Pengamatan traffict Internet Pelanggan Indihome Fiber, jumlah pemakaian Hampir 99% pelanggan tidak berdampak kebijakan FUP IndiHome. Telkom menerapkan FUP 300 GB untuk pelanggan 10Mbps, ini sangat tinggi jika dibandungkan dengan Negara tetangga Malaysia dengan layanan paket yang sama mereka menetapkan FUP 90GB.

1 comments:

 
Top